Pages

Saturday, August 11, 2012

Kroket Kentang Minimalis

Beberapa minggu yang lalu...
Aku nggak tau..dan entah kenapa tiba-tiba ngukus kentang satu plastik (1kg) yang isinya 5biji....setelah mateng...bingung deh! Abis si baby Kenji tiba-tiba nggak bisa diajak kompromi...In the end.....masuk kulkas si kentang kukus...sampe semingguan...3pcs kentang jadi kue lumpur...dan yang 2pcs naik ke Freezer...bingung mo dibikin apa!!



Nah, setelah itu asik kepikiran si dua biji kentang di Freezer!
Jadi aku googling resep...dapetlah Kroket Kentang...yang lumayan simple dan semua bahan nya 90% ada di dapurku. Nggak percaya kan klo sebenernya aku nggak pernah makan Kroket Kentang hehehe....Nekat deh pokok nya...pake Frozen Kentang :)

Hasilnya lumayan bagus!! Walaupun aku nambahin banyak 'tepung terigu' karena tekstur kentang sudah mengandung banyak Air. Sebenernya aku agak nggak yakin bisa dimakan....karena pas ngadonin...."Loh! kok benyek gini...Idih lengket ditangan" #edisi plastik glove dah abis :)) tapi setelah di guling-gulingin di tepung roti (Bread Crumbs) akhirnya tekstur luar agak mengeras...dan pas di gorengpun lebih kokoh....#Legaaaaa....





Resep nya aku ambil dari sini lengkap....tapi....!!! Punyaku lebih aku Modifikasi karena menyesuaikan kondisi dapur hehehe

Bahan:

Adonan Kentang:
800 g kentang kupas (Aku pake 2biji kentang kukus frozen)
2 butir telur ayam (1kuning telor ayam)
1 sdt garam (sejumput)
200 gtepung panir (BreadCrumb)
Isi:
1sdm mentega tawar
3 bawang putih, iris halus
3 butir bawang merah, iris halus
200 gr daging giling (Aku pake 1 sdm daging ayam cincang + 5pcs udang cincang + telor)
1 batang wortel, potong kecil (Aku pake 3cm wortel)
100 g kacang polong
1 sdm daun bawang, cincang
1 sdm daun seledri, cincang
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt gula putih
1 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdt tepung maziena, larutkan dengan sedikit air



(Bumbunya aku menyesuaikan keadaan dapur)

Nah, sekarang komen dari orang pertama ngincipin....dan salah satu teman untuk menghabiskan dan menyantap Kroket Kentang ku
"Wah bikin Risoles?" sambil liat Kroket Kentang yang tengah berguling-guling di penggorengan
"Wah kok bisa bikin Risoles?" sambil pegang-pengang Kroket Kentang nya di atas piring yang masih panas....sambil nunggu aba-aba "Yuk Makan" ..karena masih mau di abadikan dulu...#Jepretttt
"Ini yang kentang tadi itu?" Merasa nggak percaya....
"Oh bukan Risoles...trus apa?".....#Glek
"Oh Kroket kentang....dari mana resepnya?" #brisik
"Entaran ajah makan nya....masih kenyang" Dan ternyata besok pagi nya ludes....xixixixi

0 comments:

Post a Comment